S-1 Akuakultur UMMI

Home / Halaman

Pada program studi Akuakultur kamu akan mempelajari ilmu tentang aktivitas pemeliharaan, penangkaran, dan pengembangbiakan biota perairan laut maupun air tawar, seperti ikan, udang, tiram, rumput laut, dan sebagainya. Dalam kegiatan budidaya organisme perairan tentunya aspek kualitas air dan wadah sangat diperhatikan. Mirip dengan yang dipelajari pada program studi Budidaya Perikanan, namun cakupan dari program studi Akuakultur (Budidaya Perairan) lebih luas, dan tidak terbatas hanya pada komoditas ikan saja. Jadi tidak hanya terbatas pada bagaimana pembibitan, pemeliharaan, kesehatan, dan teknologi pakan ikan saja, tapi juga tumbuhan air, serta menyangkut kelestarian lingkungan.

Program studi ini sangat dibutuhkan di Indonesia dapat dilihat dari bentuk geografis Indonesia dengan 70% wilayahnya adalah laut.

Jika kalian sangat tertarik untuk mendalami dunia perairan (laut, sungai, rawa, dll) dan juga ingin mengenal serta mendalami ilmu tentang budidaya ikan, udang, dan lainnya kalian sangat cocok kuliah di jurusan ini. Selain itu kalian yang tertarik dengan biologi dan segala hal tentang perairan juga cocok untuk kuliah di jurusan ini.

Program studi ini memiliki prospek yang sangat cerah kedepannya, kebutuhan akan seorang ahli perairan untuk melihat dan merubah kondisi perikanan di Indonesia. Lulusan dari jurusan ini juga dapat menjadi peneliti tentang laut dan air di Indonesia atau bekerja di departemen pemerintahan yang terkait dengan perikanan dan perairan. Juga menjadi seorang pembudidaya ikan yang memiliki nilai jual bagus.