Program Studi D-3 Hubungan Masyarakat

Home / Halaman

Visi Program Studi Diploma 3 Humas

Menjadi program studi berkualitas dalam menciptakan sumber daya manusia yang unggul dibidang kehumasan dan berakhlakulkarimah pada tahun 2022

 

Misi Program Studi Diploma 3 Humas

  1. Menyelenggarakan pendidikan yang profesional dan kompeten di bidang kehumasan.
  2. Menyelenggarakan penelitian bidang ilmu kehumasan yang berkualitas dan memiliki nilai maslahat bagi pengembangan ilmu dan masyarakat.
  3. Mengembangkan dan mengaplikasikan hasil penelitian dalam rangka pengembangan kualitas hidup masyarakat.
  4. Menerapkan nilai-nilai Al-Islam dan Kemuhammadiyahan dalam proses penyelenggaraan program studi.
  5. Mengembangkan kemitraan dengan berbagai pihak untuk pengembangan SDM, prasarana dan sarana

 

Tujuan Program Studi Diploma 3 Humas

  1. Terciptanya sumber daya manusia yang unggul dan kompeten di bidang kehumasan.
  2. Menghasilkan penelitian bidang ilmu kehumasan yang berkualitas dan memiliki nilai maslahat bagi pengembangan ilmu dan masyarakat
  3. Tersebarluaskannya hasil penelitian dalam kegiatan pengabdian masyarakat untuk pengembangan kualitas hidup masyarakat.
  4. Terciptanya suasana akademik yang kondusif berlandaskan nilai-nilai Al-Islam dan Kemuhammadiyahan.
  5. Meningkatnya kualitas sumberdaya manusia, prasarana dan sarana melalui kemitraan.

 

Sasaran Program Studi Diploma 3 Humas

  1. Setiap lulusan Program Studi Diploma 3 Humas memiliki kompetensi di bidang kehumasan, mampu melakukan praktik kehumasan secara mandiri, profesional, mampu beradaptasi dengan perkembangan kehumasan dan teknologi informasi serta situasi dan kondisi dunia kerja nyata serta berkhlakulkarimah.
  2. Dosen program studi diploma 3 humas mampu menghasilkan, mengembangkan, dan menyebarluaskan riset dibidang kehumasan.
  3. Dosen dan mahasiswa menerapkan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni bidang kehumasan yang bermanfaat bagi masyarakat.
  4. Sivitas akademika program studi diploma 3 humas menerapkan nilai-nilai Al-Islam dan Kemuhammadiyahan dalam setiap aktivitasnya.
  5. Lembaga/instansi pemerintah maupun swasta menjadi mitra program studi diploma 3 humas dalam rangka pengembangan SDM, prasarana dan sarana

 

PROFIL LULUSAN

  1. Public Relations Officer (PRO)
  2. Marketing Communication Officer
  3. Publicist
  4. Event Organizer (EO)
  5. Customer Service Officer (CS)

 

A. SIKAP

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
  9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
  10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.

 

B. PENGETAHUAN

  1. Menguasai pengetahuan tentang konsep teoretis Public Relations sebagai bagian dari ilmu komunikasi;
  2. Menguasai literasi data dan pengetahuan tentang kaidah, prinsip dan teknik riset PR;
  3. Menguasai literasi media dan alat komunikasi dalam mengembangkan ide-ide kreatif dan produknya, dengan memanfaatkan teknologi komunikasi dan informasi;
  4. Menguasai pengetahuan tentang kaidah, prinsip, strategi dan teknik PR komunikasi lintas fungsi, baik di level organisasi, Non Organisasi, pemerintah, dan swasta ;
  5. Menguasai pengetahuan tentang etika dalam membangun komunikasi dan etika PR dan dengan menjaga norma yang berlaku di masyarakat;
  6. Menguasai pengetahuan tentang issue terkini dan issue global dalam berbagai bidang yang relevan dengan komunikasi dan PR; serta prinsip berkenaan dengan perkembangan terbaru teknologi komunikasi dan informasi.
  7. Menguasai pengetahuan khusus dan umum tentang keislaman dan kemuhammadiyahan.

 

C. KETERAMPILAN KHUSUS

  1. Menguasai literasi manusia dalam mengembangkan soft skill kehumasan;
  2. Memahami dan menguasai materi tentang kehumasan baik secara keilmuan maupun secara praktik dalam aktivitas apprenticeship  and internship;
  3. Mengaplikasikan ilmu kehumasan dalam berbagai bidang berdasarkan kebutuhan di masyarakat;
  4. Mengembangkan kewirausahaan dalam bidang kehumasan;
  5. Mampu mengikuti perkembangan dengan menggunakan media teknologi modern;
  6. Menerapkan etika dan estetika dalam berkomunikasi;
  7. Menguasai bahasa asing;
  8. Selalu mengamalkan akhlak mulia dengan berbekal keislaman dan kemuhammadiyahan;
  9. Mencetak lulusan yang unggul dalam keilmuan dan keislaman sesuai dengan bidang keahlian masing-masing (Birokrat, Pendidik, Peneliti, Pengusaha, Praktisi).

 

D. KETERAMPILAN UMUM

  1. Mampu menyelesaikan pekerjaan berlingkup luas dan menganalisis data dengan beragam metode yang sesuai, baik yang belum maupun yang sudah baku;
  2. Mampu menunjukkan kinerja bermutu dan terukur;
  3. Mampu memecahkan masalah pekerjaan dengan sifat dan konteks yang sesuai dengan bidang keahlian terapannya didasarkan pada pemikiran logis, inovatif, dan bertanggung jawab atas hasilnya secara mandiri;
  4. Mampu menyusun laporan hasil dan proses kerja secara akurat dan sahih serta mengomunikasikannya secara efektif kepada pihak lain yang membutuhkan;
  5. Mampu bekerja sama, berkomunikasi dan berinovatif dalam pekerjaannya;
  6. Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya;
  7. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggungjawabnya, dan mengelola pengembangan kompetensi kerja secara mandiri;
  8. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi;
  9. Memiliki kemampuan baca tulis Alquran dan Sunnah dan menginternalisasikan nilai-nilai keislaman kemuhammadiyahan dalam kehidupan bermasyarakat dan siap menjadi kader Muhammadiyah.